Sesuatu Yang Ditulis Akan Tetap, Sedangkan Yang Dihafal Akan Hilang

Apa-apa yang kita tulis akan abadi atau kekal, meskipun sekalipun kita sudah tiada. dan apa saja yang kita hafal akan hilang mungkin karena lupa dan sebagainya.

Begitulah sebuah sedikit penjelasan tentang Sesuatu yang ditulis akan tetap, sedangkan apa yang dihafal akan hilang, Asal ungkapan ini dari bahasa Arab yang berbuyi :

مَا كُتِبَ قرَّ، وما حُفِظَ فرَّ

Maa Hufidho Farro, wamaa kutiba Qorro

Artinya : Apa yang ditulis itu tetap, dan apa yang di hafal itu akan hilang

Dari Ungkapan ini menjelaskan bahwa apa saja yang kita tulis baik dalam buku, atau media lainnya yang dapat diakses oleh orang lian niscaya tulisan tersebut akan abadi atau tetap, terlebih pada zaman digital ini media yang dapat digunakan untuk menulis atau menyebar luaskan tulisan sangat banyak dan mudah ditemukan, baik melalui Buku, Artikel web atau blog, media socila, forum dan lain sebagainya. Ini akan membuat seuah jejak digital yang sulit dihilangkan, ini yang akan membuat tulisan-tulisan menjadi abadi

sedangkan apa-apa yang kita hafal akan bisa hilang, entah karena lupa atau berbagai hal lainnya.

Dari sini pula, kita hendaknya dapat membuat karya tulisan yang lebih bermanfaat, karena tulisan yang tetap “abadi” terus menerus memberikan manfaat selagi tulisan itu ada, baik bagi penulis atau pembacanya, pun demikian jika tulisan itu bercitra buruk, tulisan itu akan terus menyebarkan kebaikan selagi tulisan itu ada.

Gambar Kutipan :

Berikut ini adalah gambar kutipan dalam bahasa arab dan terjemahnya tentang kata-kata “Sesuatu Yang Ditulis Akan Tetap, Sedangkan Yang Dihafal Akan Hilang”,

Demikianlan sebuah kutipan “Sesuatu Yang Ditulis Akan Tetap, Sedangkan Yang Dihafal Akan Hilang” semoga memberikan pelajaran kepada kita.

Terima Kasih

Bagikan Kutipan ini